Rabu, 03 Juni 2009

Lat Teknik penyusunan SOP...

OVERVIEW:
SOP adalah penetapan tertulis mengenai apa yang harus dilakukan, kapan, dimana, oleh siapa, bagaimana cara melakukan, apa saja yang diperlukan, dan lain-lain yang semuanya itu merupakan prosedur kerja yang harus ditaati dan dilakukan. Saat ini banyak perusahaan yang tidak mempunyai SOP, yang mengakibatkan banyak pekerjaan yang tidak terlaksana dengan baik, yang bersangkutan tidak bertanggung jawab, ada kelalaian kerja, kesimpangsiuran, kesalahan, yang mengakibatkan resiko kerugian besar bagi perusahaan/organisasi.

SOP bukan hanya merupakan pedoman prosedur kerja rutin yang harus dilaksanakan, tetapi SOP juga berfungsi untuk mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan, apakah pekerjaan tersebut telah dikerjakan dengan baik atau tidak, kendala apa yang dihadapi?, mengapa kendala tersebut terjadi? sehingga kita dapat mengambil keputusan yang tepat melalui SOP.

Agar SOP dapat dilaksanakan, maka perlu dibuat jabaran SOP secara teknis yang tertuang dalam instruksi kerja dalam suatu unit kerja, dalam bentuk dokumen dan formulir kerja, serta records dokumen yang berfungsi sebagai control kerja bahwa pekerjaan telah dikerjakan dengan baik. Record berguna untuk analisis data dan peningkatan layanan yang berkesinambungan.

Untuk itu, setiap perusahaan/organisasi saat ini dituntut untuk mempunyai SOP yang jelas, karena dengan adanya SOP yang jelas maka akan lebih meng-efektifkan dan meng-efisiensikan waktu dan pekerjaan, dimana hal tersebut berhubungan dengan kualitas mutu, dan berimplikasi pada kepuasan pelanggan/klien.
Melalui Workshop ini akan diajarkan bagaimana tehnik penyusunan SOP yang benar dan baik, yang dapat diaplikasikan untuk segala unit kerja.

TUJUAN PELATIHAN
Memberikan pemahaman tentang Standard Operating Procedures (SOP)
Memberikan pemahaman tentang peran SOP bagi organisasi dan kinerja organisasi
Memberikan pengetahuan tentang teknik-teknik yang dapat digunakan dalam penyusunan SOP
Memberikan pemahaman tentang penyusunan SOP sesuai kebutuhan organisasi
Memberikan pemahaman tentang penerapan dan pemeliharaan SOP
Memberikan kiat-kiat mengatasi kendala dalam penyusunan, penerapan, dan pemeliharaan SOP

SASARAN PELATIHAN
Pelatihan ini ditujukan bagi semua jenis perusahaan/organisasi yang berminat untuk memahami penyusunan SOP yang tepat bagi perusahaan/organisasinya masing-masing.

PROGRAM PELATIHAN

PERUSAHAAN/ORGANISASI DALAM KONTEKS PEMAHAMAN SISTEM
PERAN DAN MANFAAT STANDARD OPERATING PROCEDURES (SOP)
- Peran dan Manfaat Secara Umum
- Peran dan Manfaat Teknis bagi perusahaan/Organisasi

KONTROL INTERN DAN STANDARD OPERATING PROCEDURES (SOP)

HOW TO WRITE STANDARD OPERATING PROCEDURES?
- Teknik Penyusunan Standard Operating Procedures (SOP)
- Penerapan (Implementasi) Standard Operating Procedures (SOP)
- Hambatan-hambatan dalam Penyusunan dan Penerapan Standard Operating Procedures (SOP)
- Pemeliharaan Standard Operating Procedures (SOP)

Tidak ada komentar: