Selasa, 21 Oktober 2008

GEJOLAK PASAR MODAL,ujian bg BAPEPAM-LK

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dlmharian Kompas .com mengatakan, gejolak pasar modal yang terjadi saat ini termasuk di Indonesia merupakan ujian bagi Bapepam-Lembaga Keuangan (LK) untuk menjadi otoritas yang disegani dan dipercaya masyarakat.
   
"Kondisi saat ini merupakan ujian untuk Bapepam-LK untuk menjadi otoritas yang patut disegani dan dipercaya masyarakat," kata dalam sambutan pelantikan pejabat eselon II di lingkungan Depkeu di Jakarta, Jumat (17/10). 
   
Ia menyebutkan, banyak hal yang sudah diputuskan dalam beberapa pekan terakhir menyangkut pasar modal. Namun, Bapepam-LK dituntut terus-menerus kreatif dan teliti dalam mengelola pasar modal. "Bapepam-LK dituntut mampu mengelola sesuatu yang dinamis, melihat masalah dengan perspektif baru, apakah merubah peraturan, meng-enforce peraturan, dan menjaga integritas pasar modal," katanya.
   
Menkeu menyebutkan, di tengah tantangan dan ancaman krisis global saat ini, jajaran Depkeu harus bersikap siaga, tangkas dan cerdas dalam mengantisipasi krisis. "Gejolak yang dihadapi saat ini merupakan ujian yang tidak ringan yang akan berdampak langsung/tidak langsung terhadap perekonomian nasional," katanya.
   
Dalam kesempatan yang sama Menkeu juga minta agar jajarannya terutama di Direktorat Jenderal Perbendaharaan untuk mengawasi lebih ketat berbagai badan layanan umum (BLU) yang telah dan akan dibentuk.
   
"Jangan sampai BLU menjadi makhluk baru yang menimbulkan masalah, banyak kementerian/lembaga bermaslah dengan keuangannya kemudian lari ke BLU, insting saya mengatakan, kita terlalu royal dan rileks dalam mengawasi BLU," katanya.
   

Menkeu juga meminta agar penertiban rekening pemerintah terus dilakukan karena rekening pemerintah akan terus ada. "Banyak rekening yang sudah ditutup namun juga banyak rekening baru yang muncul. Karena itu, tugas penertiban rekening kementerian/lembaga akan tetap terus ada," katanya.

Yach kiat doakan sj ya...!!


 

Tidak ada komentar: